Main Menu MIUI Recovery 5.0 Muncul? Begini Solusinya

KUROKI

Main Menu MIUI Recovery 5.0 Muncul? Begini Solusinya
Main Menu MIUI Recovery 5.0 Muncul? Begini Solusinya

Halo bro, pernah nggak sih kalian lagi asyik main handphone di siang hari tiba-tiba handphone mati sendiri? Nah, itu kejadian juga sama saya beberapa waktu lalu. Pengalaman Waktu saya coba nyalain, eh muncul tampilan yang nggak biasa. Ada tulisan “Main Menu MIUI Recovery 5.0” yang bikin bingung.

Ternyata, setelah saya cari tahu, banyak pengguna Xiaomi yang juga ngalamin hal ini. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, saya bakal berbagi tips gimana cara mengatasi masalah ini. Yuk, simak bareng-bareng!

Apa itu Main Menu MIUI Recovery 5.0?

Main Menu MIUI Recovery 5.0 adalah fitur yang disematkan dalam perangkat Xiaomi yang menjalankan MIUI (MI User Interface). Ini adalah mode pemulihan (recovery mode) yang memberikan pengguna berbagai opsi untuk memperbaiki masalah sistem, melakukan reset, atau menghubungkan perangkat ke Mi Assistant.

Ada beberapa alasan mengapa perangkat Xiaomi masuk ke mode recovery dan menampilkan Main Menu MIUI Recovery 5.0, yaitu kesalahan pengguna seperti menekan tombol kombinasi tertentu secara tidak sengaja saat menyalakan perangkat (misalnya, tombol power dan volume atas), masalah sistem yang membutuhkan intervensi pemulihan, pembaharuan yang gagal sehingga memaksa perangkat masuk ke mode recovery, serta kerusakan hardware seperti tombol volume yang terjebak atau rusak yang menyebabkan perangkat secara otomatis masuk ke mode recovery.

Main Menu MIUI Recovery 5.0 Muncul? Begini Solusinya
Main Menu MIUI Recovery 5.0

Fungsi Utama MIUI Recovery 5.0 sangatlah banyak berikut ini isi dan fitur yang ada didalamnya.

  1. Reboot: Opsi ini memungkinkan pengguna untuk me-reboot perangkat mereka ke sistem normal.
  2. Wipe Data: Digunakan untuk menghapus semua data di perangkat dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik.
  3. Connect with Mi Assistant: Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat mereka ke Mi Assistant untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
  4. Safe Mode: Mode aman ini memungkinkan pengguna untuk memulai perangkat hanya dengan aplikasi dan layanan dasar yang diperlukan untuk menjalankan sistem, berguna untuk mengatasi masalah yang mungkin disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

itu dia pengertian dan apa sebeneranya fungsi dari Menu MIUI Recovery ini. nah kemudian lanjut ke cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Main Menu MIUI Recovery 5.0 Muncul

Setelah masuk ke mode recovery, kalian akan melihat beberapa opsi di layar seperti Reboot, Wipe Data, Connect with Mi Assistant dan Safe Mode

Penting untuk berhati-hati agar tidak memilih opsi yang salah, seperti “Wipe Data”, yang bisa menghapus semua data di perangkat kalian.

Memilih opsi yang salah dapat mengakibatkan hilangnya data atau masalah sistem lainnya. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan cermat.

  1. Pilih Opsi Reboot: Gunakan tombol volume untuk menavigasi ke opsi “Reboot”.
  2. Konfirmasi Pilihan: Tekan tombol power untuk memilihnya.
  3. Reboot to System: Pilih “Reboot to system” untuk keluar dari mode recovery dan me-restart perangkat kalian secara normal.

Hindari menekan tombol lain selama proses reboot untuk mencegah perangkat masuk kembali ke mode recovery. Tunggu hingga perangkat selesai restart dan kembali ke layar utama.

Kesimpulan

Sangat mudah untuk keluar dari Main Menu MIUI Recovery 5.0 yang muncul, jika kalian mengikuti tutorial yang benar. Namun, jika cara-cara tersebut sudah dilakukan dan tidak berhasil, maka langkah terakhir yang bisa dicoba adalah melakukan flashing perangkat, meskipun sedikit lebih rumit dan membutuhkan kehati-hatian ekstra. Pastikan untuk membackup data penting sebelum melakukan flashing untuk menghindari kehilangan data.







Bagikan:

KUROKI

Suka Menulis dikala Gabut

Tags

Leave a Comment